UG News!

Minggu, 08 Januari 2012

Menjadi Seorang Network Manager

Semakin luasnya penerapan Teknologi Informasi di berbagai bidang, telah membuka peluang yang besar bagi para tenaga profesional Tl untuk bekerja di perusahaan, instansi pemerintah, swasta dan asing di era globalisasi ini.

Kemana setelah menjadi sarjana IT ?, Pertanyaan ini paling sering muncul di mahasiswa IT. Kenapa? Karena peluang kerja di dunia IT itu sangatlah luas. Dunia IT mempunyai lahan kerja yang luas tetapi hanya mempunyai tenaga kerja profesional yang minim. Hampir semua badan usaha di dunia ini sudah menggunakan jasa IT. Karena IT membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan praktis.

Saya pribadi, mempunyai cita cita ingin menjadi seorang Network Manager.

Network Manager adalah orang yang membuat dan merancang suatu jaringan yang akan digunakan biasanya pada perusahaan menengah ke atas yang membutuhkan kecepatan dalam pertukaran data. Jaringan tersebut bisa berupa Local Area Network (LAN) atau mungkin bisa Wide Area Network (WAN). Tidak hanya membuat dan merancang, seorang Network Manager diharuskan untuk bisa menjaga dan memonitori jaringan tersebut agar tetap stabil dan tidak terjadi gangguan.

Untuk menjadi seorang Network Manager tidaklah mudah. Nantinya Kita harus membangun karir mulai dari menjadi seorang Network Administrator. Network Administrator adalah orang yang bekerja dibawah perintah Network Manager. Tugas dari Network Manager adalah mengatur konfigurasi dan menangani Local Area Network (LAN), termasuk Wide Area Network (WAN) dan masih banyak lagi.

Seorang network administrator juga bertanggung jawab dalam hal mendesain, memasang dan mendukung LAN/WAN, internet dan sistem intranet di sebuah organisasi dan membantu Network Manager dalam melakukan monitoring jaringan.

Ketika kita akan memilih suatu pekerjaan, pasti hal pertama yang akan kita pikirkan adalah selain pekerjaan nya apa juga berapa besar gajinya.Untuk seorang Network Administrator saja, gaji yang didapat boleh dibilang tidak mengecewakan.

Menurut daftar gaji yang dikeluarkan Kelly Services untuk Indonesia, seorang Network Administrator dengan pengalaman 2-3 tahun bisa menerima gaji antara 5-9 juta rupiah per-bulan. Tentu saja untuk tidak lupa dengan faktor yang mempengaruhi besar kecil nya gaji, seperti kondisi perusahaan, pasar lokal, dan tingkat pengalaman yang dimiliki pekerja.

Untuk bisa menjadi Network Administrator, tentu tidaklah mudah.Kita harus menjadi seorang tenaga handal dalam bidang jaringan. dimana anda dapat belajar jaringan?.Jika anda ingin mendalami dan menjadi ahli dalam bidang jaringan, anda bisa mengikuti Training yang diadakan perusahaan jaringan ternama dunia, yaitu CISCO.

Dengan mengikuti training ini, anda dapat lebih mendalami kemampuan anda dalam bidang jaringan, khususnya perangkat jaringan yang diproduksi CISCO. Setelah lulus dari training ini anda akan mendapat gelar CCNA.

Dengan gelar ini anda sudah pasti dihargai oleh perusahaan perusahaan besar.

Beruntung saat di SMK Saya telah menyelesaikan CCNA 1 , Sehingga Saya tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk mendapatkan gelar CCNA dari CISCO. Dengan begitu, saat penulis lulus kuliah nanti, Saya tidak hanya akan mendapat gelar Sarjana tapi juga mendapat sertifikasi CCNA dari CISCO.Jadi kesimpulan nya, tidak perlu khawatir akan kemana setelah menjadi sarjana IT.

Dunia IT mempunyai lahan kerja yang luas, tetapi hanya memiliki sedikit pekerja yang handal, maka dari itu kita tidak usah takut tidak mendapat pekerjaan. Intinya kita harus bekerja keras saat kuliah agar tidak menyesal nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar