UG News!

Senin, 11 November 2013

Bagaimana Memilih Sebuah Font Sesuai Keinginan Pembaca

Topografi atau tata huruf merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
Dikenal pula seni tipografi, yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama yaitu legibility dan readibility.
1.Kejelasan bentuk huruf (legibility)
Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf/karakter. Suatu jenis huruf dikatakan legible apabila masing-masing huruf/karakternya mudah dikenali dan dibedakan satu sama lain.

Bisa dilihat dari gambar disamping , inilah efek dari pemilihan font dengan menggunakan legibility, jika menggunakan font futura nanti nya sepintas huruf a akan mirip dengan o , sedangkan jika menggunakan Myriad Pro huruf a dengan o berbeda sangat signifikan.


Dalam Legibility ini terdapat unsur seperti :
I.Kerumitan desain huruf,
Design yang artistik belum tentu PAS jika dipasang tidak pada tempatnya , maka dari itulah design huruf disini menentukan , Contoh saja kita bisa menggunakan Times New Roman untuk hal yang bersifat formal .
II. Penggunaan warna
Warna disini juga penting kita bisa menegaskan sebuah warna sebagai pembeda antar kata agar tidak sama.

2.Keterbacaan (readability)
Readability yaitu tingkat kenyamanan / kemudahan suatu susunan huruf saat dibaca, yang dipengaruhi oleh:
I.Jenis huruf, sudah pasti jenis huruf menentukan terlebih jika ini digunakan untuk menulis seperti artikel    yang panjang dengan memilih jenis huruf yang pas pembaca bisa merasakan kenyamanan yang maksimal.
II.Ukuran, ukuran juga penting, dengan memainkan ukuran kita bisa menegaskan suatu yang penting seperti sub bab misalnya , atau judul suatu artikel
III.Penggalan kata, penggalan antar kata juga sangat penting agar tidak terjadi salah paham
IV.Kontras warna terhadap latar belakang.


Gambar diatas menunjukan kalau penggalan kata sangatlah bersifat fatal karena bisa merubah makna dari suatu kalimat tersebut.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Topografi
http://mediabisnisonline.com/aturan-memilih-



0 komentar:

Posting Komentar