UG News!

Senin, 11 November 2013

Pemilihan Warna dalam Grafis

Dalam perancangan visual desain grafis, pemilihan warna merupakan salah satu prinsip yang cukup berpengaruh dalam tingkat keberhasilan suatu media. Desain Grafis merupakan sebuah karya yang diaplikasikan dalam media tertentu, sehingga memiliki nilai positif dalam produk tersebut,.
Produk yang membubuhkan warna secara asal-asalan sehingga bukannya bagus, melainkan menjadikan mata menjadi sakit. Selain itu kesan norak dan tidak berkelas kadang juga dapat saja muncul apabila pemilihan warna tidak disesuaikan dengan materi informasi yang dikemas dalam karya desain tersebut.
Oleh karena itu untuk menentukan warna yang baik dalam karya desain, dapat diperhatikan beberapa hal sebagai berikut:



1.Tema
Tema adalah hal terpenting dalam pemilihan warna dari font , karena dengan memilih warna yang tepat dengan tema itu akan menjadi nilai tambah dari suatu produk, contoh saja kita membuat game horror , kita bisa menggunakan font merah darah dan background hitam sebagai efek seram.
2.Audiens
Penentuan warna juga harus melihat siapa target audiens kita, karakter setiap orang berbeda-beda, anak kecil, remaja ,dan dewasa bebeda-beda seleranya. penyuka musik pop, rock pun berbeda, yang lebih terlihat adalah apabila target kita penyuka musik rock gunakanlah karakter warna yang kuat, maka gunakan warna hitam atau warna gelap, tidak cocok kalau anda menggunakan warna lembut.
3.Seleksi Warna dan Background
Membuat Desain yang menarik tidak serta merta harus menggunakan seluruh warna yang ada di colorchart. Seleksi warna-warna yang tepat yang akan digunakan. apabila perlu, pilihlah 1-2 warna utama untuk digunakan sebagai warna yang dominan dan kontras dengan background yang kita gunakan . Apabila akan menggunakan banyak warna supaya kelihatan colourfull, kembali lagi harus dipertimbangkan pada konsep/ tema dari sebuah karya. Jangan sampai karena ingin berksperimen malah membuat karya grafis menjadi amburadul.

Referensi :http://sawijo.com/cara-memilih-warna-yang-tepat-pada-desain-grafis/

0 komentar:

Posting Komentar