UG News!

Senin, 11 November 2013

Kaitan Sebuah Font Dengan GUI

Graphical User Interface (GUI) adalah suatu sistem interface pada komputer yang memberikan atau memfasilitasi tampilan pilihan pada layar, yang biasanya berbentuk ikon (simbol gambar) atau menu (daftar karakter alfanumerik) sebagai sarana yang dapat digunakan pengguna untuk memberikan perintah.
Dengan perngertian diatas bisa kita ambil kalau gui adalah pengantar antara komputer dengan user, nah fungsi nya pengantar adalah membuat nyaman kita dengan memakai suatu program tersebut. Salah satu nya berkaitan dengan font , kali ini saya akan membahas kaitan sebuah font dengan GUI.

Untuk pemilihan font pada GUI dapat kita klasifikasikan terlebih dahulu.

1. Sesuai dengan tema
Pemilihan font yang tepat dapat menjadikan nilai plus di dalam suatu program tersebut, maka dari itu ada baiknya kita menentukan font berdasarkan tema dari masing masing program , contoh saja penggunaan di program yang futuristik dengan program yang natural , pemilihan untuk game horror dengan game edukasi fontnya juga jelas berbeda.

2.Peletakan yang tepat 
Peletakan font yang tepat. ini juga penting dalam GUI karena dengan peletakan font yang tepat pengguna akan merasa nyaman menggunakan sebuah program , misalnya Di judul kita memperbesar size font nya, memberi warna lain atau ditaruh di tengah agar unik dan beda dari isi konten. 

3.Penggunaan Platformnya
Hampir mirip dengan peletakan , font juga mempunyai ciri yang berbeda pada setiap platformnya dan menyesuaikan kebutuhannya, contoh saja facebook , setiap tampilan facebook tidak lah sama dengan setiap devicenya, bila kita memuat versi 0(zero)/android/web . Semuanya memiliki keperluan nya masing masing , di mobile UI yang kita akan dapat sangatlah sederhana dengan hanya timeline tanpa gambar , di android lebih baik lagi kita bisa mengakses hampir semua konten namun dalam tab yang berbeda . dan yang paling bagus jelas lah di web nya karena semua konten sudah bisa kita dapatkan saat kita browsing di facebook lewat web.

Kurang lebih seperti itulah , semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya .




0 komentar:

Posting Komentar